Puan Maharani Kalah Tipis Dari Habib Rizieq dalam Survey Capres

Puan Maharani Kalah Tipis Dari Habib Rizieq dalam Survey Capres

22/02/2021 0 By publisher

Puan Maharani Kalah Tipis Dari Habib Rizieq dalam Survey Capres

shonan-act – Elektabilitas Ketua DPR yang juga Ketua DPP PDIP Puan Maharani sebagai calon presiden lebih rendah dari Ustaz Abdul Somad dan Rizieq Shihab. Demikian hasil survei Parameter Politik Indonesia (PPI) yang dilakukan 3-8 Februari.

Ustad Abdul Somad, walaupun tidak memiliki pengalaman sebagai pejabat pemerintahan , mempunyai elektabilitas 1, 6 persen. Sedangkan itu, tokoh FPI Rizieq Shihab mempunyai elektabilitas sebesar 0, 8 persen.

Puan Maharani, yang notabene sudah lama berkecimpung di dunia politik serta beberapa kali jadi pejabat tinggi negara , cuma mempunyai elektabilitas sebagai calon kepala negara sebesar 0, 7 persen.

Figur dengan elektabilitas sebagai capres paling tinggi merupakan Prabowo Subianto. Elektabilitasnya menggapai 19, 9 persen. Jauh melebihi Gubernur Anies Baswedan di urutan kedua dengan 11, 9 persen.

Di urutan ketiga, terdapat Gubernur Jateng Membalas Pranowo dengan elektabilitas 11, 3 persen. Diiringi Gubernur Jabar 4, 1 persen, Mensos 4, 0 persen serta Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono 3, 8 persen.

PDIP Tertinggi

Elektabilitas Puan yang kecil tidak seiringan dengan elektabilitas partainya, ialah PDIP. Bila pemilu diselenggarakan pada saat survey dicoba, PDIP berpotensi mencapai 25, 1 persen suara. Jauh di atas elektabilitas partai- partai lain.

Di urutan kedua terdapat Golkar dengan elektabilitas 11, 2 persen. Di menyusul Gerindra dengan 10, 9 persen, PKB 8, 0 persen, Demokrat 6, 0 persen, PKS 5, 8 persen, NasDem 5, 4 persen, PAN 5, 1 persen, serta PPP 4, 3 persen.

“PDIP sementara masih menjadi partai dengan elektabilitas tertinggi 25,1 persen,” mengutip siaran pers Parameter Politik Indonesia (PPI).

Survey dicoba dengan mengaitkan 1. 200 responden di bermacam wilayah Indonesia. Responden diseleksi dengan tata cara sederhana random sampling dari 6. 000 informasi sasaran yang sempat diwawancara lihat wajah pada September 2017- Desember 2020.

Batas of error survey sebesar 2, 9 persen pada tingkatan keyakinan 95 persen. Survey terkini PPI ini dicoba pada 3- 8 Februari 2021 dengan memakai kuosiner melalui telepon( telepolling).